Tips Cara Membuat Neon Box Sendiri

Jadi beberapa waktu lalu kakak saya membuka usaha barbershop, dan beberapa hari lalu saya diminta membantu kakak saya membuat neon box barbershop miliknya. Karena saya lagi santai saat itu, saya iyakan permintaannya. Dan melalui blog ini saya ingin berbagi pengalaman dan trik membuat reklame sendiri tanpa harus menggunakan jasa pembuatan neon box sehingga lebih hemat biaya.

Kalian pasti tidak asing dengan yang namanya reklame. Salah satu media promosi yang efektif adalah dengan memasang reklame pada tempat usaha kita. Dengan reklame, kita dapat mempromosikan produk atau jasa kita agar dapat dilihat, dikenal, dan diketahui oleh masyarakat luas. Salah satu industri reklame yang populer dan berkembang pesat dalam sepuluh tahun terakhir ini adalah perkembangan industri neon box Jakarta.

Emang apa sih neon box itu? Untuk yang belum tau, neon box merupakan jenis reklame yang dapat menyala dalam gelap karena sesuai namanya, reklame ini menggunakan lampu neon untuk penerangan pada saat malam hari. Lampu neon tersebut diletakan di bagian dalam reklame, jadi media gambar dari reklame tersebut terlihat unik saat tersorot lampu neon. Dalam proses pembuatan neon box tentu membutuhkan teknik dasar. Mengingat bahwa tujuan dari dibuatnya neon box Jakarta adalah sebagai media advertising untuk memperindah sebuah gambar visual ketika ditampilkan pada malam hari.

Sebelum mengenal teknik pembuatan neon box, kenali dan pahami terlebih dahulu dua hal yang penting untuk diperhatikan ketika mencetak gambar untuk neon box. Kedua hal yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

Resolusi neon box

Resolusi adalah hal utama yang penting untuk diperhatikan saat membuat gambar yang digunakan untuk neon box, banyak penyedia jasa pembuatan neon box yang kurang memperhatikan pada bagian ini. Gambar tentu harus yang beresolusi tinggi dan cetakannya juga harus sehalus mungkin lantaran apabila cetakan kurang halus, hal itu tentu akan membuat hasil neon box ketika lampu dinyalakan nampak kurang bagus. Jadi, sebelum memproses, penting untuk dipastikan terlebih dahulu gambar yang dipilih punya resolusi yang tinggi dan dicetak menggunakan mesin yang berkualitas untuk menghasilkan gambar yang sempurna.

Kepekatan media gambar

Selain memperhatikan resolusinya, penting juga untuk memperhatikan tingkat kepekatan gambar. Mengingat bahwa gambar untuk neon box akan disinari oleh lampu yang sangat terang, maka harus dipastikan bahwa gambar mempunyai kepekatan yang cukup. Tujuannya supaya tidak pudar ketika disinari oleh lampu. Maka dari itulah umumnya gambar untuk nenon box dicetak dua kali atau overprint dan juga dapat memakai bahan doubleside, yang mana kedua sisi bahannya terdapat gambar. Dengan begitu, gambar pun lebih pekat dan ketika disinari cahaya akan terlihat bagus.

Setelah memastikan gambar yang digunakan untuk neon box merupakan gambar berkulitas terbaik, maka selanjutnya adalah pada teknik pembuatan neon box tersebut sendiri. Menjadi media yang ditempatkan di luar ruangan, maka neon box perlu dibuat dengan teknik yang tepat agar awet dan juga tahan terhadap berbagai cuaca di luar. Nah, baik tidaknya kualitas ataupun awet tidaknya sebuah neon box tergantung pada teknik pembuatannya. Berbeda teknik, berbeda bahan yang digunakan, tentu neon box juga punya banderol harga yang berbeda-beda.

Lantas, apa saja teknik pembuatan neon box? Mari mengenalnya lebih jauh. Berikut 3 teknik untuk membuat neon box:

Memakai Stiker Khusus dan Acrylic Susu

Teknik yang pertama adalah dengan mengandalkan penggunaan stiker khusus untuk neon box dan juga dengan acrylic susu. Teknik yang satu ini memakai mesin cutting guna memotong stiker yang secara umum telah memiliki warna dan juga sesuai dengan pola ataupun desain dari gambar yang diinginkan. Stiker yang sudah dipotong selanjutnya ditempelkan pada bahan acrylic dan acrylic yang telah ditempeli oleh stiker dipasang pada rangka neon box yang sebelumnya sudah disiapkan. Umumnya teknik striker khusus dan acrylic susu ini dipakai untuk neon box yang desain gambarnya punya komposisi warna simple, seperti contohnya huruf blok warna saja ataupun tidak ada foto yang full color. Contoh produk neon box yang menggunakan teknik ini adalah logo sebuah mall atau logo sebuah restoran ternama.

Backlite Frontlite

Teknik yang kedua adalah dengan memakai backlite frontlite. Teknik yang satu ini tidaklah lain adalah teknik yang mengandalkan penggunakan bahan backlite dan frontlite atau vinyl Digital Print. Nilai plus dari penggunaan teknik ini adalah gambar untuk neon box dapat dicetak full color tanpa ada batasan penggunaan warna. Selain itu teknik ini juga pemasangannya relative lebih gampang dengan memantek frontlite pada rangka signboard, jadi tidak membutuhkan lagi bahan acrylic untuk dijadikan penyangga sehingga juga neon box jenis ini cukup ringan. Umumnya gambar yang digunakan untuk neon box dengan teknik ini dicetak dengan berlawanan dan memakai printer yang dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi. Contoh neon box yang dibuat menggunakan teknik ini adalah neon bos untuk iklan billboard yang umumnya ada di jalan-jalan besar.

Backlite Film

Satu lagi teknik pembuatan neon box, yakni baklite film. Teknik yang satu ini mengandalkan bahan backlite berupa duratan atau bahan yang mirip mika. Teknik ini masih membutuhkan penggunaan acrylic sebagai media untuk menempelkan backlite film pada kerangka neon box. Hasil dari teknik backlite film dengan mengandalkan duratan akan nampak lebih elegan lantaran hasilnya seperti foto beresolusi tinggi yang permukaannya halus.

Jika masih kurang paham dengan proses pembuatannya, Anda dapat mencari jasa neon box bogor terdekat untuk membuat reklame custom sesuai dengan keinginan adan kebutuhan Anda.

 

Print Friendly, PDF & Email