Rumah Minimalis Impian Ala Korea

Banyak sekali pasangan muda membuat rumah dengan desain yang unik dan minimalis. Rumah tentunya menjadi tempat kita untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Semua orang pasti mengharapkan tempat tinggal yang nyaman, banyak orang yang membayangkan rumah impian nya harus seperti apa dan bagaimana.

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit rumah minimalis ala orang Korea. Tidak asing lagi kan dengan negara maju itu, selain teknologi dan gaya hidupnya mereka juga sangat kreatif dalam menata atau mendesain suatu ruangan. Banyak sekali orang korea yang memperlihatkan rumah-rumah miliknya di sosial media dengan interior menarik, unik, lucu namun terkesan elegan. Tidak sedikit dari kita orang Indonesia yang meniru desain interior mereka. Desain rumah minimalis ala orang korea bisa juga dijadikan referensi untuk rumah-rumah minimalis orang Indonesia loh.

Sekarang mari kita ulas cara orang korea mendesain dan menata rumah minimalis mereka. Poin-poin penting yang harus diperatikan rumah minimalis ala Korea adalah:

Jendela

Yang mereka perhatikan dalam mendesain rumah haruslah memiliki jendela yang tampak besar. Kenapa demikian? Mereka sangat suka dengan jendela yang besar agar bisa mendapatkan cahaya alami yang masuk kedalam rumah, ditambah dari luar biasanya terdapat pagar rumah yang menambah estetika minimalis. Jendela yang tampak besar juga memberikan kesan sebuah ruangan terlihat lebih besar atau luas. biasanya satu jendela besar itu mereka tempatkan di satu ruangan seperti ruang keluarga atau tempat berkumpul keluarga yang langsung mengarah keluar rumah.

Sekat Dinding

Rumah minimalis orang korea tidak terlalu mempunyai banyak sekat dinding, mereka lebih senang bisa melihat semua ruangan dalam sekali pandang. Namun tetap dapat dilihat fungsi area tersebut dengan penataan ruangan itu sendiri. memiliki banyak sekat dinding, rumah akan terkesan terlihat sempit dan membatasi ruang pandang. Kita bisa juga menambahkan sekat transparan seperti rak buku dengan lubang bukaan di dua sisi, jadi bisa digunakan sebagai pembatas ruangan. tekecuali untuk ruang kamar tidur dan kamar mandi.

Furniture

Rumah minimalis ala korea tidak akan banyak memakai barang berlebihan, mereka akan menempatkan barang-barang yang dirasa mereka cukup dan berguna untuk mereka gunakan. Sekali lagi orang korea juga tidak banyak menggunakan perabotan di dalam rumahnya sehingga ruang gerak di dalam rumah tetap besar.

Warna

Orang Korea akan memperhatikan sekali warna dinding dan perabotannya. Mereka akan membuatnya terlihat senada dan cerah, selain terlihat minimalis dan rapi ruangan menjadi nyaman dan enak dilihat. Mereka sangat suka dengan kerapihan, kebersihan dan terorganisir.

Pintu

Pada pintu utama rumah, orang korea pasti menempatkan rak sepatu. kenapa? karena selain mereka memperhatikan kebersihan mereka juga sangat memperhatikan kerapihan, jadi ketika masuk pintu utama mereka akan menempatkan lemari sepatu di sisi kanan atau kiri pintu. Tidak lupa juga dengan tambahan teralis pintu minimalis yang multifungsi sebagai hiasan sekaligus keamanan rumah. Rak sepatu
juga cocok untuk rumah minimalis agar terlihat simple dan elegan. Kalau ini patut ditiru dan contoh, kebiasaan baik bukan?

Hiasan

Hiasan di dalam rumah, orang korea sangat suka menata rumah dengan hiasan yang unik dan lucu, seperti mereka akan menambahkan hiasan jenis tanaman hidup dengan pot-pot kecil, namun tidak semua jenis tamanan yang akan mereka pajang, ada beberapa jenis tanaman yang paling sering orang korea jadikan hiasan ruangan, yaitu:

Tanaman Kaktus

Selain mudah cara merawatnya tanaman kaktus juga banyak jenis dan ukurannya. Nah biasanya Kaktus mini banyak digunakan orang-orang untuk dijadikan sebagai hiasan atau koleksi, bukan hanya di korea saja namun di indonesia juga banyak yang mengkoleksi tanaman mini ini. Contoh tanaman kaktus Ariocarpus sangat cocok untuk dijadikan hiasan karena jenis kaktus mini ini tidak berduri seperti tanaman kaktus pada umumnya, mereka juga memiliki aneka warna.

Tanaman Palm Kuning

Tanaman ini memiliki fungsi untuk membersihkan udara juga loh. pohon ini cocok sekali digunakan untuk hiasan di dalam ruangan dan biasanya disimpan di setiap sudut ruangan, sehingga rumah terasa akan lebih segar dan nyaman.

Print Friendly, PDF & Email