Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa komunikasi universal. Komunikasi antar bangsa di seluruh dunia sebagian besar menggunakan bahasa Inggris. Begitu banyak manfaat bahasa Inggris untuk berbagai kepentingan, di antaranya adalah untuk akademik dan profesional.

Saking pentingnya, bahasa Inggris masuk ke kurikulum pelajaran sekolah sejak tingkat sekolah dasar. Kita dituntut untuk fasih atau minimal paham sedikit tentang bahasa Inggris, walau tetap pengharapan terbesar adalah kita dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan lancar.

Banyak cara untuk belajar bahasa Inggris selain dari pendidikan formal, misalnya belajar secara mandiri atau otodidak, tapi akan lebih bagus lagi jika belajar langsung kepada guru atau ahlinya, contohnya adalah kursus bahasa Inggris profesional di lembaga-lembaga swasta penyedia layanan kursus bahasa asing.

Belajar bahasa Inggris dengan ikut kursus lebih banyak keutamaannya dibanding belajar sendiri, karena dengan ikut kursus proses belajarnya lebih terfokus dan efesien, terdapat tahap-tahap atau level dari yang pemula hingga level mahir.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Untuk Akademik

Seperti yang sudah dikatakan, manfaat belajar bahasa Inggris untuk akademik sangat besar, sampai-sampai kita telah diajarkan bahasa Inggris sejak sekolah dasar dan masuk ke Ujian Nasional di sekolah-sekolah formal. Hal itu menunjukan betapa pentingnya seorang pelajar dapat berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga akan sangat bermanfaat jika kamu ingin menlanjutkan kuliah. Kamu dapat menambah wawasan lebih luas dengan membaca jurnal internasional di kelas kuliah. Apalagi jika kamu berniat melanjutkan kuliah ke S2 di luar negeri, tentu bahasa Inggris menjadi hal wajib untuk bekal kamu belajar di luar negeri dan berkomunikasi selama di sana.

Tidak hanya untuk S2 di luar negeri, melanjutkan kuliah S2 di Indonesia juga kamu patut memiliki keahlian bahasa Inggris. Biasanya, modul-modul kuliah mayoritas menggunakan pengantar berbahasa Inggris. Dan beberapa universitas juga mewajibkan calon mahasiswa S2 untuk bisa berbahasa Inggris dengan persyaratan memiliki sertifikat TOEFL dari lembaga-lembaga yang ditunjuk oleh pihak kampus.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Untuk Profesional

Setelah kamu lulus kuliah, kamu akan dihadapkan dunia kerja. Dunia dengan persaingan sengit memperebutkan posisi pekerjaan impian di perusahaan terkenal. Di sini, keahlian bahasa Inggris kamu akan sangat bermanfaat untuk modal mencari kerja.

Banyak perusahaan masa kini yang menerapkan kriteria fasih berbahasa Inggris untuk calon karyawannya. Tentu dengan keahlian bahasa Inggris yang kamu miliki itu dapat memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan impian. Walau bisa dibilang fasih berbahasa Inggris bukan jaminan mendapat kerja, tapi itu dapat memberi peluang lebih besar dibandingkan tidak bisa berbahasa Inggris.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Seiring berjalan pekerjaan yang kamu lakukan, modal fasih berbahasa Inggris juga dapat meningkatkan level diri kamu untuk mendapatkan jabatan lebih tinggi di kantor. Sehingga dengan begitu pula dapat mengembangkan karier kamu ke arah yang lebih baik lagi.

Begitu banyaknya manfaat bahasa Inggris bagi kehidupan. Dua contoh di atas (akademik dan profesional) hanya sebagian kecil dari manfaat yang didapat. Selain itu lebih banyak lagi manfaatnya. Seperti untuk kamu yang hobi jalan-jalan ke luar negeri, modal berbahasa Inggris sangat penting untuk berkomunikasi dengan warga lokal. Atau contoh lainnya, mahir berbahasa Inggris sangat bermanfaat untuk membantu melek teknologi, karena nyaris sebagian besar atau mayoritas perangkat teknologi zaman sekarang sangat didominasi dengan bahasa Inggris.

Sekian informasi tentang manfaat belajar bahasa Inggris.
Ayo belajar bahasa Inggris!

Print Friendly, PDF & Email