Kiat Memilih Browser yang Tepat untuk Anda

Orang terkadang bertanya kepada orang IT mereka, “Apa browser internet terbaik?” atau “Peramban internet apa yang harus saya gunakan?” Tidak ada jawaban sederhana untuk ini. Setiap orang cenderung memiliki browser internet tertentu yang mereka sukai dan umumnya merekomendasikannya kepada teman dan keluarga mereka. Saya percaya setiap browser memiliki pro, kontra, dan kebiasaannya sendiri sehingga tidak ada yang terbaik. Bahkan, saya sering merekomendasikan panduan memilih browser terbaik setiap pengguna web umum untuk memiliki 2 browser terpisah menggunakan mesin yang berbeda.

Ada empat jenis utama teknologi browser saat ini. Yang terbesar adalah keluarga browser Microsoft Internet Explorer. Internet Explorer hadir standar dengan windows (kecuali Anda berada di Uni Eropa). Internet explorer adalah browser yang paling banyak dieksploitasi oleh peretas, sebagian karena memiliki pangsa pasar paling banyak, dan sebagian lagi karena penggunaan objek ActiveX. Jika pengguna berhati-hati dan mempraktikkan kebiasaan menjelajah yang baik, Internet Explorer sama amannya dengan yang lain. Saya merekomendasikan semua pengguna windows setidaknya menginstal ini karena ada banyak situs web di luar sana yang mengharuskan Anda untuk menggunakannya. Microsoft terkenal dengan situs web mereka yang hanya berfungsi di Internet Explorer.

Browser terpopuler berikutnya adalah Mozilla Firefox. Ini adalah penerus warisan Netscape dan diawasi oleh yayasan Mozilla. Firefox adalah browser pertama yang menggabungkan sistem untuk vendor pihak ketiga untuk mengembangkan ekstensi dan add-on untuknya. Ada hampir dua juta add-on untuk Firefox. Ada banyak ekstensi berguna dari keamanan browser ekstra hingga alat pengembang. Ini adalah browser yang saya rekomendasikan untuk pengguna Windows dan Mac. Saya pribadi menggunakannya sebagai browser utama saya karena semua alat pengembang yang ditawarkan dari pihak ketiga seperti Google.

Kelompok terbesar ketiga adalah browser Webkit. Webkit adalah tata letak dan kerangka kerja aplikasi. Tiga browser dalam grup ini yang akan kita bicarakan adalah Apple Safari, Google Chrome, dan Comodo Dragon. Safari adalah browser web default yang disertakan dengan Mac OS. Selama bertahun-tahun Apple telah melakukan banyak upaya untuk Safari, menjadikannya browser yang solid dengan antarmuka responsif yang apik. Ini juga telah dirilis untuk pengguna Windows untuk mengunduh secara gratis. Dua yang terakhir didasarkan pada mesin Chromium. Chromium adalah mesin sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan di Chrome dan terkenal dengan mesin JavaScript V8 yang sangat cepat. Chrome adalah terobosan Google ke dunia browser web dan membuat gelombang besar ketika diluncurkan pada tahun 2008.

Sejak dirilis, Chrome telah memiliki 5 pembaruan versi utama dan sekarang menggabungkan ekstensi pihak ketiga seperti Firefox. Dragon dikembangkan oleh Comodo, sebuah nama merek di sektor keamanan. Ini memiliki fitur yang mirip dengan Chrome tetapi menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk koneksi SSL. terus terang, namanya membuatnya layak digunakan dengan sendirinya. Saya mendorong pengguna Windows untuk memilih satu jika mereka menginginkan browser ketiga dan saya menyarankan agar pengguna Mac tetap menggunakan Safari sebagai browser utama mereka.

Opera yang kurang populer, tetapi sangat disukai. Opera dikembangkan di Norwegia oleh perangkat lunak Opera. Browser ini penuh dengan fitur menarik yang cukup sering disalin oleh nama-nama besar. Klaim terbesar Opera untuk ketenaran adalah bahwa hal itu digunakan sebagai dasar untuk banyak browser web seluler dan konsol. Sebagian besar platform seluler menawarkan dukungan untuk itu, dan browser web Nintendo Wii didasarkan darinya.

Versi terbaru memuji kinerja yang sangat meningkat dalam rendering halaman dan mesin JavaScript yang menyaingi Chromium. Meskipun merupakan browser yang inovatif, saya menemukan bahwa itu memiliki masalah dengan beberapa situs web, terutama yang menampilkan konten flash. Beberapa bersumpah dengan browser ini, dan selain situs web flash, pengalaman saya positif dengannya. Secara pribadi, saya hanya merekomendasikan ini untuk pengembang web yang ingin memastikan halaman web mereka berfungsi dengan baik.

Singkatnya, saya menyarankan pengguna Windows untuk menggunakan kombinasi IE dan Firefox dan saya menyarankan pengguna Mac untuk menggunakan kombinasi Safari dan Firefox. Jika Anda seorang pengembang web, saya sarankan untuk menginstal IE, Firefox, Chrome, Safari, dan Opera untuk menguji kompatibilitas situs web Anda di semuanya. Saya juga memperhatikan di Windows bahwa IE kurang memaafkan daripada yang lain dalam hal HTML dan CSS yang salah format. Saya sering menggunakannya untuk men-debug halaman web saya. Firefox harus menjadi peramban utama Anda untuk pengembangan web karena alat pengembang tersedia untuk itu.

Print Friendly, PDF & Email